Ads 468x60px

Thursday, April 5, 2012

Kota Bogor Masuk Nominasi Kota Terbaik Indonesia


Ditengah banyaknya permasalahan yang muncul, Kota Bogor masih mampu berprestasi. Salah satunya, masuk sebagai nominator Kota terbaik se-Indonesia.

Kategori kota terbaik dinilai oleh Kementrian Dalam Negeri atas kinerja Pemerintah Daerah sebagaimana yang telah dilaporkan dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Kota Bogor 2010.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Rechecking LPPD Tingkat Nasional Sri Muktiono Wibowo, dalam acara penerimaan tim penilai Re-Checking LPPD 2010 Tingkat Nasional di Ruang Rapat III Balaikota Bogor, Rabu (4/4/2012). Tim Rechecking diterima langsung Sekretaris Daerah Kota Bogor Bambang Gunawan.

Terpilihnya Kota Bogor sebagai nominasi kota terbaik merupakan prestasi lanjutan dari prestasi sebelumnya. Tahun 2009, Kota Bogor menduduki peringkat 10 besar sebagai kota dengan penilaian tertinggi dalam kinerja pemerintahan daerah. "Kita sudah beri laporan Kota Bogor naik signifikan dari tahun kemarin. Menjadi nilai tambah Kota Bogor masuk lagi ke peringkat 10 besar. Ini merupakan peningkatan prestasi kinerja Pemkot Bogor," kata Sri.

Sri mengatakan bahwa adanya peningkatan prestasi ini tentunya tidak lepas dari dukungan SKPD yang turut andil dalam pembuatan laporan. Namun, Sri mengharap para pemangku kebijakan di Kota Bogor hanya puas dengan naiknya peringkat yang ada. "Yang paling filosofis adalah kinerja meningkat lebih baik. Kinerja yang perlu dioptimalkan lebih baik," ingatnya.

Tim akan berada di Kota Bogor dan melakukan verifikasi data di lapangan. Mulai dari kunjungan ke Dinas Pendidikan, Kecamatan, SD Bantarjati 9, Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air, dan Puskesmas Bogor Timur.

Sekretaris Daerah Bambang Gunawan dalam sambutannya berharap, capaian tahun sebelumnya dapat dipertahankan, bahkan mengalami perbaikan. Hal ini terangkum dari capaian indikator makro sampai kinerja pelayanan dasar.

Menurut catatan Kantor Statistik Kota Bogor, IPM Kota Bogor tahun 2010 diperkirakan berada pada kisaran 75,79, atau meningkat 0,37 poin dari IPM tahun 2009. Kontribusi terbesar disumbangkan oleh Indeks Pendidikan tahun 2010 berada pada kisaran 87,19 atau naik 0,03 poin dari Indeks Pendidikan Tahun 2009. "Sementara Indeks Kesehatan 2010 mencapai 73,10 atau naik 0,15 poin dari indeks tahun kemarin. Sedangkan Indeks Daya Beli 2010 mencapai 67,11 atau naik 0,96 poin dari tahun 2009,"

0 comments:

Post a Comment