Ads 468x60px

Thursday, January 24, 2013

Musim Hujan: “ALLAH INGIN KITA BANYAK BERDO’A”

Bismillaahirrahmaanirrahiim,
Mungkin kita adalah salah satu dari sekian banyak orang yang sering mengeluh jika hujan turun, atau mungkin kita adalah orang selalu mengeluh ketika hujan turun. Seolah-olah kita telah menyalahkan Sang pemberi hujan, menganggap bahwa hujan telah mengganggu kelancaran aktivitas kita. Inilah salah satu kelemahan manusia yang terkadang “tidak tahu diri”, ingin hidup serba enak, tapi disuruh bersyukur tidak mau.
Saya rasa kita semua tahu bahwa hujan itu adalah sebagian kecil dari nikmat Allah kepada hambaNya. Namun pada kondisi tertentu, ia bisa menjadi musibah bagi manusia. Akan tetapi, sekalipun hujan bisa menimbulkan musibah bagi manusia, tapi di situlah letak kasih sayang Allah kepada kita. Kenapa? Karena pada saat itulah kita mendapatkan ujian dari Allah, barang siapa yang lulus ujian, maka ia akan bertambah derajat ketaqwaannya di mata Allah. Makanya, pada dasarnya tidak ada alasan bagi kita untuk mengeluh jika hujan turun, sekalipun mengakibatkan beberapa aktivitas kita terhambat.
Coba deh kita pikirkan lebih dalam, sebenarnya kenapa sih Allah menurunkan hujan pada beberapa bulan terakhir ini hampir setiap hari? Sebelum kita jawab pertanyaan ini, kita semua harus menanamkan kepahaman di hati kita masing-masing bahwa segala sesuatu yang berasal dari Allah tidak ada yang sia-sia, karena semuanya mengandung manfaat dan tujuan, walaupun kita sering tidak menyadari keberadaan manfaat dan tujuan itu. Allah SWT pun telah berfirman dalam Surat Ali Imran bahwa tidaklah Allah menciptakan segala sesuatu itu dengan sia-sia.
Ketika pemahaman tadi sudah kita kuasai, maka insya Allah kita bisa menjawab pertanyaan tadi. Satu hal yang saya ketahui, bahwa salah satu waktu yang mustajab untuk berdo’a itu adalah pada saat hujan turun ke bumi. Subhaanallah, barulah kita sadari ternyata Allah SWT ingin kita banyak berdo’a kepadaNya di saat hujan turun. Allah merindukan rintihan do’a dari hamba-hambaNya yang shalih. Allah ingin menebarkan rahmatNya kepada para hambanya yang senantiasa berdo’a kepadaNya. Imam Nawawi mengatakan bahwa salah satu penyebab do’a pada waktu hujan tidak ditolak atau jarang ditolak ialah karena pada saat itu sedang turun rahmat Allah SWT, khususnya curahan hujan pertama di awal musim.
So, masih berpikir untuk mengeluh ketika hujan turun?

0 comments:

Post a Comment